Risma

Halo...
Artikel aku sekarang bakalan ngebahas tentang madu. Ya.. karena aku suka madu, selain rasanya yang manis, madu juga bisa bikin bibir kering aku jadi keliatan lebih lembut. Juga, madu bisa bikin rambut aku lebih halus, apalagi kalau dicampur lemon. Rambut langsung halus,,,lus,,,lus plus gak berminyak. Terus,,terus,, aku juga kdang-kadang kalau lagi gak haro, suka jadiin madu buat masker. Eummmmhhhh...adem deh.
Sekarang kita bicara lebih pake ilmu, ok??
Pertama, dari ilmu sejarah. Ternyata, sejarah udah banyak banget nyatet tentang kegunaan madu. Mulai dari makanan, obat-obatan sampai ke hal-hal yang ada hubungannya dengan kecantikan. Dari peninggalan-peninggalan Mesir kuno yang ada di dindind piramida sama obeliska, bisa diketahui tuch kalau madu udah dijadiin makanan dan obat sama mereka.Dalam Kitab Suci Weda pun disebutin kalau hidup manusia bisa diperpanjang dan diawetkan kalau makanan sehari-harinya ada madu atau susu!!! Karena selain madu mengandung makanan sehat, madu juga mengandung zat-zat yang jarang dijumpai di makanan yang lain. Mau tahu apa aja??? Aku bakalan tulis di ilmu biologi sama kimia. Ok??
Nah, pembuktian lain juga dibuktikan oleh Ibnu Sina, sarjana terkenal di bidang ketabiban dan falsafah (890-1037), dalam usia yang tinggi masih tetap terlihat sehat, alias segar bugar. Gak kaya orang-orang sekarang.... baru belasan taon juga udah pada loyo. Saat ditanya mengapa beliau masih terlihat begitu sehat, beliau menjawab bahwa beliau selalu makan makanan yang dicampur madu.
Selain dalam Kitab Weda dan pembuktian Ibnu Sina, Phytagoras yang terkenal di bidang ilmu pasti ternyata mencapai usia 90 tahun lebih. Begitu juga dengan Democritus yang terkenal dengan teori atomistiknya, berumur 100 thun lebih!!! Subhanalloh. Hipocrtes juga gak mau ketinggalan nie, ternyata usianya mncapai 107 tahun. Begitu pula dengan Dioscorides, Anaceron, Aristoteles dan Pollius Romillius, seorang anggota senat pada masa pemerintahan Julius Caesar. Gimana??? Udah pada mau mulai ngebiasain makan madu?? Kalau jawabannya belum mau, gak masalah... aku tulis lagi ya mau dipandang dari ilmu lainnya.
Kedua, dari kimia dan biologi. Tahu gak sie semua pembaca RISMAWATI blog, kalau madu itu mengandung berbagai macam logam (Ca, Na, K,Fe, Cl, P, S, Mn, Si, Cr, Ni, Za, dsb.), vitamin (vit. A, B kompleks, C, D, E, K), provitamin, asam amino dan juga asam organik (asam laktat, oksalat, sitrat, tartrat, malat, dsb). Waduuuuhhh...banyak banget ternyata, ampe kayak lagi ngapalin buat ulangan aja nulisnya juga. Hehehe... Udah? Cuma segitu aja kandungan yang ada dalam madu??? eittttss... bentar dulu. Ternyata, masih ada lagi kandungan dalam madu, yaitu biogenetic stimulans, yaitu zat yang dapat merangsang keaktifan pertumbuhan manusia. Juga, madu itu ngandung karbohidrat dan gula juga. Jadi, nilai kalori dalam 1kg madu itu mencapai 3.150 Kkal.
Ketiga, ilmu kedokteran. Di bagian ini aku mau nulisin gimana caranya ngegunain madu yang emang bagus banget kan buat kita semua?? Nah... ada beberapa cara untuk memanfaatkan madu. Tergantung sama kebiasaan seseorang atau bangsa. Buat bangsa Barat, biasanya mdu itu dipake buat dijadiin selai di roti atau kue. Tapi di Indonesia, biasanya dimakan dengan telur ayam mentah sebagai obat kuat atau resep sehat. Juga, aku biasanya makan madu dicampur telor bebek mentah biar sehat. Entahlah, pokoknya bapak bilang biar aku sehat. Jai ya aku makan, soalnya enak. Hahahaha... semuanya, cobain juga ya??? Lalu, jika di Rusia, ada anjuran untuk ngegunain madu buat jadi obat. Namanya, “resep masyarakat”. Jadi, madu itu hrus diatur kaya gini: buat orang dewasa, tiap hari butuh 100-200 gr, dimakan 3 kali sehari. Kalau anak-anak butuh 30-75 gr, dimakan 3 kali sehari juga.
Madu juga ternyata bisa mempercepat penyembuhan. Ini dibuktiin sama Hipocrates 2500 tahun yang lalu lho. Luka-luika akibat infeksi atau terbakar, ternyata bisa cepat sembuh dan tidak menyakitkan jika menggunakan madu. Menurut penelitian Serminov, madu punya kemampuan buat ngobatin luka kayak gitu tuh karena di samping daya antibiotik madu, di dalamnya juga ada suatu zat yang kerjanya menjadi stimulan untuk sel-sel jaringan agar cepat atau aktif tumbuh dan memperbanyak diri. Terus, karena ada antibiotiknya juga, kuman-kuman yang ada di luka itu bisa cepet dihambat keaktifannya, dan dengna daya stimulansi jaringan jadi lebih cepat baik.
Madu juga berguna lho buat yang menderita TBC. Nah, Avicena atau Ibnu Sina ngasih resep gini nih: campurin beberapa gram madu dengan mahkota bunga mawar, lalu makan barengan. Juga sangat, sangat, sangat dianjurin buat penderita TBC buat makan madu sekitar 50-100 gr biar bisa mempercepat penyembuhan penyakitnya.
Ada juga pepatah kuno yang bunyinya: Madu dan susu itu teman terakrab usus dan lambung. Maksudnya gini nie, penyakit di lambung sama usus bakalan lebih cepat sembuh kalau minum madu.
Keempat, dari ilmu kecantikan. Wah,,wah,,wah... Gini, madu itu baik buat bahan kosmetik soalnya disamping daya antibiotik untuk membunuh atau menghilangkan kuman-kuman yang terdapat di dalam pori-pori dan permukaan kulit. Madu juga punya sifat higroskopis yang tinggi, dengan madu nemplok di muka kita tuh, kotoran yang biasanya ada di muka kita dan ngalangin kelancaran kerja saluran keringat, bisa dilarutkan dengan lancar. Dengan begini, keriput-keriput kulit atau titik-titik hitam di kulit bisa cepet diilangin.
Mau tahu cara pake masker madu???boleh... Pertama, cuci muka dulu pake larutan madu yang udah diencerin. Terus, tutp deh mukanya pake kain yang agak tebel, kaya kain flanel. Tapi, biar bis napas, lobangin dulu tuh di bagian mata, mulut sama hidungnya. Dan sebelum itempelin ke muka, kain itu harus ditaburin dulu ramuan madu yang terdiri dari...jeng,jeng,jeng.. 30 gr madu, 20 gr tepung beras yang haluuuuus sekali, dan 20 ml air bersih. Biarin dech 20-30 menit di muka kita. Terus, kalau udah 30 menit, buka ya kainnya, jangan terus-terusan dikukus, hehehe. Terus, cuci muka pake air hangat kuku ampe bersih.
Ok deh,, tamat juga artikelnya, makasih ya buat yang udah mau baca nie artikel. Mudah-mudahan bisa berguna buat semua yang baca....


0 Responses

Posting Komentar